Posted by: andesper70 | October 13, 2008

Kumpul Keluarga Besar

Lebaran kali ini memberi kebahagian tersendiri bagi keluarga besar kami, betapa tidak. Ada dua hal yang membuat keluarga besar kami berbahagia dan tak henti-hentinya memanjatkan syukur kepada Allah SWT.  Pertama pada lebaran kali ini keluarga besar  kami dapat berkumpul semua. Jarang sekali soalnya kami bisa kumpul semua seperti lebaran kemarin. Tahun-tahun sebelum selalu ada yang berhalangan ngumpul. Nah lebaran kali ini Alhamdulillah semuanya bisa ngumpul di rumah orang tua, kakek dan uyutnya. Keluarga kami memang termasuk keluarga besar, ayahanda kami H. Basaruddin (Alm) dan Ibunda Hj. Sumratul Aini mempunyai 9 anak, 36 cucu, dan 21 cicit. Kalau mau bikin satu RT sudah bisa tuch kayaknya….he..he..

Ini lah hasil karya kedua orang tua kami berikut pasangannya. Dari kiri kekanan urut dari anak paling tua  sampai anak bontot. Satu sampai nomer empat kakak saya yang laki-laki beserta istrinya, lalu ibu saya. Sebelah kiri ibu, kakak yang perempuan serta suami, yang berdiri pakai batik gak pakai peci kakak saya yang laki-laki beserta istrinya, terus dua perempuan yang duduk pakai kerudung putih dan coklat adalah kakak perempuan saya dan suaminya. Terakhir saya dan mantan pacar saya..

Dan ini adalah anak-anak, cucu, dan cicit orang tua kami. Nama-nama dari anak kakak-kakak saya masih hapal, tapi cucu dari kakak-kakak saya ada yang saya gak tahu namanya,,, saking banyaknya kali ya……:D

Hal ke dua yang membuat keluarga besar kami bersyukur kepada Allah SWT, yaitu dengan dikukuhkannya  kakak kami T. Basaruddin (Chan) sebagai guru besar pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia baru-baru ini. Kami keluarga besar tentunya turut bahagia dan bersyukur atas prestasi kakak kami ini. Cita-cita orang tua kami dulu untuk menjadikan beliau sebagai seorang guru (sempat sekolah di PGA) sudah tercapai dengan dikukuhkannya sebagai guru besar. Semoga ilmu yang beliau berikan bisa bermanfaat buat bangsa dan agama.

Dalam rangka mensyukuri dua hal diatas tadi ibunda kami mengadakan syukuran dengan memotong satu ekor sapi.

Kalau melihat kondisi waktu kami masih kecil dulu tentunya tidak kebayang sama orang tua kami akan memiliki anak seorang Profesor. Sebagai seorang petani yang lahannya tidak begitu luas tentunya agak berat bagi orang tua kami untuk menyekolahkan kesembilan anaknya. Rata-rata kami disekolahkan hanya sampai sekolah lanjutan atas (SMA), untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi kami harus cari cara lain.  Menunggu subsidi dari kakak yang sudah bekerja atau kuliah sambil kerja. Namun tentu nya kami tidak menganggap orang tua kami gagal dalam hal ini. Berkat kasih sayang, do’a dan pengorbanan beliau lah kami bisa seperti saat ini. Kami belum merasa menjadi orang yang sukses, sebab masih banyak kekurangan-kekurangan yang kami miliki. Untuk itulah kami mohon do’a restu agar kami bisa menjadi anak-anak yang selalu berbakti serta selalu taat pada ajaran Allah SWT.

Untuk ponakan-ponakan semua pesan kami.

Bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Didiklah anak-anak kalian dengan kasih sayang bukan dengan uang. Serta bagi yang masih sekolah rajain-rajinlah belajar (klise memang) dan jangan terlalu memaksakan jika kondisi orang tua kalian tidak memungkinkan untuk memenuhi tuntutan kalian. Cobalah cari alternatif-alternatif yang bisa menggapai mimpi kalian semua dengan cara berusaha dan ber-do’a tentunya.

Terakhir marilah kita selalu menjaga kerukunan keluarga besar kita ini semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Amin.


Responses

  1. makasih banget atas nasehate mang..
    bagus banget.
    apalagi pas ade kate Didiklah anak-anak kalian dengan kasih sayang bukan dengan uang..

    luluh hati diwik mang.

  2. Mantab mang..

  3. wow, kayaknya belum ngumpul semua tapi udah serame itu.
    mantap nian sanak 🙂

  4. Ini dia yang patut kami teladani. Hidup di kota besar pun tidak boleh membuat kita lupa pada kampung halaman. Bahkan hidup yang sukses diantaranya tetap menjaga keutuhan keluarga, berbakti pada orang tua, dan selalu bermanfaat untuk orang di sekelilingnya.

    Terima kasih sudah berbagi pengalaman berharga ini. Turut berbahagia…..

  5. Boss,

    Aku ndak nanye..
    aku jeme padang guci, katanye di TMII november awal ini ade halal bihalal jeme padang guci? nian titu?

    enjok informasi au

    Makase

  6. pacak beguru diwik mang ame lah canggih juge. mangke dide beghabal nian

  7. Sukses yang sesungguhnya Mamang Gidi adalah Figurnya…
    Cinta mamang membuat keluarga kita utuh selamanya…

  8. kalau untuk anak-anak, bisa dimulai dari aplikasi paint dulu….menggambar yang sederhana misalnya mobil2an, kapal (untuk anak laki2) bunga, buah (untuk anak permpuan) bukannya membedakan gender tetapi kecenderungan anak2 memang seperti itu. Kalau sudah mahir, bisa dikenalkan flash, mereka sangat senang sekali bisa membuat gambar bola bisa gerak, mobil bisa jalan cukup dengan satu objek. Kalau mempunyai dana lebih bisa dengan berbagai software edukasi seperti edugames, dari elexmedia juga ada…..

  9. Ayuk Endah,

    membaca komentarmu, aku ingat cerpen Kuntowijoyo, “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga”. Ah, bunga yang indah tak boleh hanya dimonopoli oleh anak laki-laki, sebab ia anugerah dari Yang Maha Indah.

  10. Eh, maaf. Maksudku, bunga yang indah tak boleh hanya dimonopoli oleh anak perempuan, sebab ia anugerah dari Yang Maha Indah.

    Menurut artikel yang pernah kubaca, kesukaan pada, misalnya keindahan bunga, justru menjauhkan seorang laki-laki dari perilaku kekerasan. Sebab keindahan melahirkan kelembutan hati. Laki-laki yang menyukai bunga, tak pasti akan “berubah orientasi”. Contohnya aku ini, masih tetap laki-laki tulen, sudah beranak satu lagi. 😉

  11. @Nawek Zefanya

    Halal bil Halal IKPK hari minggu, tgl 2 Nov 2008 di di Aula Cut MeutiaBumi Perkemahan Cibubur…
    Maaf sanak baru jawab karena dapat undangnnya juga baru hari sabtu (01-Nov2008) sore.

  12. aduh

    aku telat bukanye
    padahal aku ndak nian ngikot????

  13. om… kaurnews.com ga bisa dibuka lagi ya?

  14. @heryan Tony

    maaf server nya lagi down..mungkin dalam 2 hari ini udah bisa lagi..

    Silahkan Registrasi Menjadi penulis di KaurNews…

  15. ui,,, salam kenal aku jeme pd guci ple,tepatnye jme tanjung aur,anak mawar n jua.

  16. salam kenal pule @NITA
    silahkan commentar di http://kaurnews.com

  17. ass. salute……..!!!!!!
    senang juga, ngeliat orang(jeme) kaur yang berhasil seperti mamang…..!!!(maaf kalu salah)
    salam kenal buat semua yang peduli terhadap kaur tercinta…….!
    aq sbnrny jge jeme pdg guci (niningku) tp org tueku di kaur tengah……skrg aq kuliah di UNAND smt 5.
    (maaf kebanyakan)…..he..he

    o..ya mang, kalu ndik keberatan tolong ajarin buat blog donk…..!!!pliz..tlng blz via e-mail ku andrienurta@yahoo.com

    buat mamang rajin2 saje buat artikel/berita tntng kaur………love u all.

  18. Alhamdulillah acak ade ceme kami ye la maju, anye tolong oi amu ade tuape2 bejeghum nga kami pacak sekeruanan

  19. subhanallah….mantap


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: